Chelsea Juara Baru Liga Champions


Chelsea berhasil menjadi juara baru Liga Champions setelah mengalahkan Bayern Munchen dalam drama adu penalti.

Pertandingan antara Munchen kontra Chelsea berlangsung di Allianz Arena, Minggu (20/5/2012) dinihari WIB.

Munchen, yang main di kandang sendiri, menekan pertahanan Chelsea sejak babak pertama dimulai.

Menit ke-5, Munchen membuka peluang pertamanya. Tendangan jarak jauh Kroos masih belum menemui sasaran. Sundulan Gomez memanfaatkan umpan silang Ribery di menit ke-13 melambung di atas mistar.

Munchen terus menekan pertahanan Chelsea. Peluang emas didapat Munchen menit ke-21. Robben menerobos kotak penalti Chelsea dan melepaskan tendangan keras kaki kiri. Bola mengenai kaki Cech dan membentur tiang gawang.

Chelsea mengancam di menit ke-34 melalui tendangan bebas yang dilepaskan Juan Mata. Sayang, tendangannya masih melambung di atas mistar.

Menit ke-36, tendangan voli Muller di dalam kotak penalti Chelsea masih melebar di kanan gawang Cech.

Satu menit berselang, giliran Chelsea yang mengancam gawang Munchen. Sepakan Kalou dari sisi kanan kotak penalti masih bisa diamankan kiper Munchen, Neuer.

Peluang bagus kembali diraih Munchen menit ke-42. Tendangan Gomez dari dalam kotak penalti meski tak terkawal justru melambung tinggi.

Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Munchen masih mendominasi jalannya pertandingan.

Namun peluang pertama justru didapat Chelsea menit ke-50. Tendangan spekulasi Drogba dari jarak jauh masih melebar di kanan gawang Neuer.

Munchen berhasil mencetak gol di menit ke-53. Tendangan Robben dari luar kotak penalti mengenai Cole dan bola jatuh ke kaki Ribery yang langsung menceploskan bola ke gawang. Namun wasit menganulirnya karena berada dalam posisi offside.

Berulang kali Munchen melakukan umpan silang ke kotak penalti Chelsea namun terbentur tebalnya pertahanan Chelsea. Aksi Robben dan Ribery pun terbentur Cole dan Bosingwa.

Terus menekan pertahanan Chelsea, akhirnya Munchen berhasil mencetak gol di menit ke-83. Umpan silang Kroos berhasil disundul Muller di dalam kotak penalti. Sundulan Muller memantul tanah dan menembus jala Cech.

Munchen nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-85. Tendangan Robben dari dalam kotak penalti masih terlalu lemah.

Chelsea berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-88. Sepak pojok Mata mampu disundul Drogba dengan sempurna.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga babak kedua berakhir dan pertandingan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2x15 menit.

Di babak perpanjangan waktu pertama, Munchen mendapat hadiah penalti di menit ke-93 ketika Drogba mejatuhkan Ribery di kotak terlarang. Sayang, penalti Robben mampu diselamatkan dengan sempurna oleh Cech.

Tidak banyak peluang setelah Robben gagal mengeksekusi penalti. Skor 1-1 belum berubah.

Di babak perpanjangan waktu kedua, Munchen mendapat peluang di menit ke-108. Umpan silang mendatar Olic ke mulut gawang gagal disambut Van Buyten.

Skor 1-1 bertahan hingga 2x15 menit dan pertandingan dilanjutkan dengan adu tendangan penalti.

Dalam adu penalti, Chelsea berhasil mengalahkan Munchen dengan skor 4-3. Dua pemain Munchen yang gagal melakukan penalti adalah Ivica Olic dan Bastian Schweinsteiger sedangkan di kubu Chelsea hanya Juan Mata yang gagal.

Susunan pemain:

Munchen: Neuer; Lahm, Boateng, Tymoshchuk, Contento; Schweinsteiger, Kroos; Robben, Muller (Van Buyten86'), Ribery (Olic 97'); Gomez

Chelsea: Cech; Bosingwa, David Luiz, Cahill, Cole; Mikel, Lampard; Kalou (Torres 84'), Mata, Bertrand (Malouda 73'); Drogba

Comments