SMA Negeri 1 Payakumbuh

SMA Negeri 1 Payakumbuh merupakan SMA tertua yang ada di kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Didirikan pada tanggal 15 September 1955.

SMA Negeri 1 Payakumbuh pada awalnya berlokasi di jalan Khatib Sulaiman Labuah Basilang depan Taman Makam Pahlawan.



SMA Negeri 1 Payakumbuh yang didirikan tahun 1955 bermaksud untuk menampung atau mengatasi ledakan murid-murid tamatan SMP di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota karena belum adanya SMA waktu itu. Sekolah ini didirikan atas usaha dan perjuangan Bupati Darwis, Dt. Tumenggung, Ketua dan Pengurus PGRI bersama salah seorang pendirinya Djayusman dan tentu saja yang semuanya itu adalah berkat Rahmat dan Karunia Allah SWT. Djayusman adalah Kepala Sekolah yang pertama dari SMA Negeri 1 Payakumbuh pada tahun 1955.



Pada tahun 1974 lokasi SMA Negeri 1 Payakumbuh pindah dan bergabung dengan Sekolah SMPP (Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan) yang berlokasi dibukit Sitabur dengan nama SMA Negeri 1 Payakumbuh/SMPP, sedangkan gedung Sekolah yang ditinggalkan ditempati oleh STM Negeri Payakumbuh.



Selanjutnya pada tahun 1977 SMA Negeri 1 Payakumbuh/SMPP kembali dipisahkan setelah SMA Negeri 1 Payakumbuh mendapatkan lokasi yang ideal tepatnya di Tiakar Payobasung dengan Kepala Sekolah Bustami DT. Radjo Angso. Pada tahun 1988 terjadi pergantian Kepala Sekolah dengan Hilmi K. BA. SMA Negeri 1 Payakumbuh mengukir prestasi belajar hingga menempati rangking sepuluh besar hampir setiap tahun dari semua SMA yang ada di Sumatera Barat, begitu juga dalam bidfang olah raga, kesenian dan kegiatan lain. Sehingga SMA Negeri ! Payakumbuh sangat diperehitungkan di Sumatera Barat.



Setelah memimpin SMA Negeri 1 Payakumbuh lebih kurang sembilan tahun. Pada Tahun 1996 HILMI. K. BA Memasuki masa pensiun selanjutnya pimpinan dipercayakan kepada Drs. Syafruddin Dt. Karayiang mulai tanggal 15 Maret 1996. Pada masa kepemimpinan beliau untuk pertama kali diadakan kelas unggul berdasarkan SK Wali Kota Payakumbuih No. 421.3.13/351/WK-PYK/1999 tanggal 19 Juni 1999, dan SK Depdiknas Kota Payakumbuh No. 1028/108.34/LL-99 tanggal 12 Juni 1999 perihal Program Siswa Unggul.

Pergantian pucuk pimpinan selanjutnya dipegang oleh Drs. Zulrefri Sejak Maret 2001.Bermodalkan sarana dan prasarana yang cukup tersedia, berbagai kebijakan , program,. Visi dan misi kedepan dengan pengalaman kerjasama dengan semua pihak mengorientasikan pencapaian peningkatan mutu dalam segala bidang mengukir kembali prestasi yang pernah dicapai dimasa lalu.



Sewaktu pembuatan Profil ini SMA Negeri 1 Payakumbuh dipimpin oleh Sutan Sulaiman, S.Pd. dengan tekad meningkatkan potensi yang ada, memacu prestasi dengan kejujuran untuk menyiapkan siswa menghadapi persaingan global sesuai dengan SK Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh NO. 17930/108.34/MN/2005 tanggal 20 Juni 2005 tentang penyelenggaraan program kelas percepatan belajar (Akselerasi) , yang mana satu-satunua di Kota Payakumbuh ditunjuk SMA Negeri 1 Payakumbuh. Disamping itu juga sesuai dengan Surat Keputusan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Dirjen Dkdasmen Departemen Pendidikan Nasional No. 697/C4/MN/2007 tanggal 18 Juli 2007 yang mana SMA Negeri 1 Payakumbuh yang dibawah kep[emimpinan Bapak Sutan Sulaiman S.Pd sekali lagi mendapat kepercayaan Sebagai Sekolah Penyelenggara Program Rintisan SMA bertaraf Internasional (SMA RSBI) merupakan satu-satunya di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh kota yang sebelumnya untuk daerah Sumatera Barat telah ditunjuk lima sekolah yaitu ; SMAN 1 PADANG, SMAN 10 PADANG, SMAN 1 PADANG PANJANG, SMAN 1 BUKITTINGGI, SMAN 1 LUBUK SIKAPING, Pada ujian Nasiaonal tahun pelajaran 2006/2007 Siswa SMA Negeri 1 Payakumbuh berhasil lulus 100% dengan nilai yang sangat memuaskan.



Setelah melewati perjalanan panjang lebih kurang 53 tahun, SMA Negeri 1 Payakumbuh telah melahirkan orang-orang sukses, baik dijajaran pemerintahan maupuin swasta, yang berkiprah ditingkat Daerah, Nasional maupun Internasional. Wali Kota Payakumbuh dan Bupati Kabupaten Lima Puluh Kota saat ini merupakan alumni SMA Negeri 1 Payakumbuh.

sumber:
http://sman1payakumbuh.net/

Comments