Photography

Fotografi berasal dari kata foto dan grafi, foto berarti cahaya dan grafi artinya menulis. Jadi Fotografi adalah menulis dengan bantuan cahaya, atau lebih dikenal dengan menggambar dengan bantuan cahaya atau merekam gambar melalui media kamera dengan bantuan cahaya. Pengertian lain, Dalam kamus bahasa Indonesia Fotografi adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film. Pendek kata penjabaran pada fotografi itu tak lain berarti menulis atau melukis dengan cahaya.

Prinsip Fotografi adalah menfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. medium yang telah dibakar dengan ukuran luminitas cahaya yang tepat akan menghasilkan bayangan yang identik dengan cahaya yang memasuki medium pembiasan (selanjutnya disebut lensa). Untuk menghasilkan intensitas cahaya yang tepat untuk menghasilkan gambar, digunakan bantuan alat ukur berupa lightmeter. setelah mendapatkan ukuran cahaya yang tepat, seorang fotografer bisa mengukur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA (ISO Speed). Diafragma (aperture), dan kecepatan Rana (Speed). Kombinasi antara ISO, Diafragma dan Speed akan menghasilkan atau di sebut Exposure.

Pada dasarnya tujuan dan hakekat fotografi adalah komunikasi, komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi antara fotografer dengan penikmatnya. Yaitu fotografer sebagai pengantar atau perekam peristiwa untuk disajikan kepada khalayak ramai melalui media foto.

Comments