Cara Milih Tablet Android yang Tepat

Meratiin gak kalo kemana2 sekarang orang megangnya tablet? Dari mulai bapak2 sampe anak2 buat maen, pasti megang tablet! Ga salah kalo sekarang tablet sekarang udah ngtrend di Indonesia..

Gw salah yg seorang udah mulai kena demam tablet. Baru rencana pengen beli, tapi penuh pertimbangan. Tapi yang pengen gw incer adalah tablet dgn OS Android.
Kenapa Android? Karena gue liat lagi ngetrend dan dari yg gue baca sih kontennya lebih banyak, soalnya ada banyak pilihan apps.

Berhubung pengen nemu tablet android yg terbaik, sblm beli gw banyak baca sana sini dan nanya kesana kemari. Hasilnya, nih gw rangkum.. Gimana cara untuk milih tablet android yg tepat:

1.Merk
Kalau agan adalah seorang yg mentingin merk, pilih tablet android dari merk-merk yang udah terpercaya. Lihat sejarah merk itu. Kalo sebelumnya merk itu udah produksi tablet2 android, maka bisa dipertimbangkan buat dipilih karena lebih kredibel dan makin kesini banyak pengembangan dari produk2 sblmnya. Merk yg besar juga punya beberapa poin penting:
•Lokasi service center: biasa merk terkenal didukung oleh lokasi service center yg banyak dan pelayanannya oke. Jadi segala urusan konsultasi sampai memperbaiki tablet bisa lebih mudah, terjangkau dan terpercaya.
•Nilai jual kembali: kalo Android merk terkenal, lebih gampang dijual lagi dan harganya cenderung stabil.
•Ketersediaan aksesoris: aksesoris dari merk terkenal lebih gampang dan banyak ditemukan. Misalnya sarung silicon, sarung kulit, dll
Spoiler for gambar:







2.O.S
Pilih tablet Android dgn O.S yg tepat. Banyak yang bilang, minimal OS tablet yg agan punya adalah Froyo.Tapi lebih disarankan untuk mencari tablet Android yg ber-OS Honeycomb karena katanya lebih optimal. Coba agan-agan yg udah punya tablet android, tolong konfirm nih.. hehehe
Spoiler for honeycomb:







3.Ukuran

Kadang ukuran jadi pengaruh buat milih tablet. Pastiin tujuan beli tablet.. Kalau agan mementingkan kenyamanan untuk multimedia entertainment, carinya tablet dengan ukuran besar, misalnya 10.1 inchi bisa jadi pilihan. Kalau ingin yang lebih praktis, ukuran 7 inchi pas untuk di kantong baju atau bahkan celana. Atau alternatif lain yang cukup praktis tapi gak terlalu besar, ada pilihan ukuran 8.9 inchi.
Spoiler for ukuran:

Ukuran 8.9 dan 10.1 inchi..








4.Spesifikasi
a.Prosesor
Siapa yang mau browsing atau buka apps dengan kondisi lemot? Nah konon ini terkait sama prosesornya.. Rekomendasinya adalah tablet dengan prosesor di atas 600Mhz. Yang sedang booming saat ini adalah 1.2 Ghz dual processor atau 1.4 Ghz dual processor.. Jadi ngiler kalo browsing atau main game pake prosesor itu..

b.RAM
Semakin besar RAM, semakin bagus performa tablet. Apalagi pas buka beberapa aplikasi barengan.. Kapasitas RAM yang umumnya digunakan adalah 128 MB, 256 MB, 512 MB dan 1 GB. Disarankan membeli tablet Android yang memiliki kapasitas RAM minimal 256 MB. Ada tips yang bisa dipake kalo mau baca spesifikasi kapasitas RAM.
Spoiler for info tambahan:

Beberapa produsen menuliskan kapasitas RAM dalam satuan Gb (giga bit) perhatikan huruf b kecil yang digunakan. Dan 1 b (bit) disini sama dengan = 1/8 B (byte). Jadi kalo gadget Android memiliki kapasitas RAM sebesar 1 Gb (1000 Mb), maka kapasitas RAM yang sebenarnya adalah 1000 : 8 = kurang lebih sebesar 125 MB (Megabyte).


5.Dukungan Komunitas
Kalau udah ada tablet android inceran, coba gabung di komunitasnya. Tanya sana sini untuk meyakinkan hati supaya gak nyesel pas beli. Kaya di Kaskus gan, pasti ada trit2 khusus ngebahas tablet Android. Salut!

Nah, rangkuman ane segitu aja gan. Kalo agan-agan ada tambahan lagi buat bikin isi trit ane lebih berbobot.. silakan gan.

Comments