TIPS SUKSES BAGI MAHASISWA BARU DI PERGURUAN TINGGI

TIPS SUKSES BAGI MAHASISWA BARU DI PERGURUAN TINGGI

E1%5CLOCALS%7E1%5CTemp%5Cmsohtmlclip1%5C01%5Cclip_themedata.thmx">
Tips ini cocok buangget….buat yang baru mau menjadi mahasiswa di perguruan tinggi. Pastinya sebagai mahasiswa baru kita ingin mudah beradaptasi dengan lingkungan baru donk…dan tetap berprestasi seperti di SMA kan??? Nah…perlu diketahui nie… ada perbedaan sistem pendidikan waktu di SMA dengan di Perguruan Tinggi. Contohnya waktu di SMA bisa dibilang guru yang lebih aktif dalam penyampaian materi pelajaran sampai mendetail, kita sebagai siswa hanya menerima apa yang disampaikan guru.nah…beda lagi kalau di Perguruan Tinggi, Dosen menyampaikan materi kuliah atau pelajaran secara garis besarnya saja, so..kita sebagai mahasiswa dituntut untuk lebih aktif dalam memahami dan menambah ilmu pengetahuan. Untuk menjadi mahasiswa baru yang sukses dan berprestasi diperlukan kiat-kiat ini:
1. Usahakan secepat mungkin beradaptasi di perguruan tinggi
Point pertama ini adalah point penting sebagai awal menjadi mahasiswa baru yang sukses. Sebagai mahasiswa baru kita harus secepat mungkin beradaptasi dengan suasana baru di perguruan tinggi, harus lebih aktif di bandingkan di SMA. Perlu diketahui nie…di semester-semester awal kita harus secepat mungkin beradaptasi dengan suasana dan kondisi yang baru, coz cepat beradaptasi dengan lingkungan perguruan tinggi kita tidak akan tertinggal dalam proses pendidikan.

2. Buatlah target yang ingin dicapai pada waktu tertentu
Mmm…target???menurut aku target itu penting dan sangat perlu sekali untuk memotivasi kita untuk senantiasa berupaya untuk mencapainya dan untuk mengetahui sampai dimana perkembangan serta kemajauan kita. Nah…kita perlu membuat target jangka pendek, contohnya bisa menyelesaikan tugas dari dosen dengan baik dan tepat waktu dan target jangka panjang, contohnya berhasil menempuh UTS dan UAS dengan Baik sehingga memperoleh IPK yang tinggi.
3. Susunlah jadwal kegiatan dan disiplinlah terhadap kegiatan tersebut
Menyusun jadwal kegiatan itu perlu untuk membantu dan membimbing kita dalam belajar dan berkreativitas secara terperogram.
4. Kerjakan apa yang dapat dikerjakan sekarang
Mmm….ada istilah gini “Time is Money” hehehe….gaya bauangget ya….,motto ini bisa diartikan waktu itu sangat penting dalam kehidupan. Nah…sebagai mahasiswa kita harus pintar-pintar memanfaatkan watu luang untuk mengerjakan tugas yang dapat dikerjakan sekarang dan tidak menunda-nunda tugas tersebut.
5. Tidak menunda tugas belajar sampai menjelang ujian
Di perguruan tinggi alias universitas ada 2 tahapan ujian yaitu UTS dan UAS. Kebanyakan mahasiswa mulai serius belajar saat menjelang ujian alias SKS (Sistem Kebut Semalam), emmm…aku kadang-kadang gitu juga sich…hehehe…tapi beneran dengan SKS hasilnya jadi tidak maksimal so jangan ditiru ya…!!kita akan lebih siap menghadapi ujian kalau kita benar-benar mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.
6. Susunlah buku-buku secara rapih
Dengan susunan buku yang rapi akan membuat kita termotivasi untuk membacanya. Terutama saat kita sedang membutuhkan suatu buku untuk kuliah, kita ga perlu repot-repot mencari buku itu.
7. Tidak salah memilih teman bergaul
Nah…ini point terpenting “jangan salah bergaul” maksudnya bukan berarti kita tidak boleh bergaul, tetapi kita harus pandai-pandai memilih teman bergaul yaitu teman yang memiliki misi yang sama ke arah keberhasilan pendidikan di perguruan tinggi, dan teman yang dapat memotivasi semangat belajar kita, bukan teman yang member pengaruh buruk untuk kita.
8. Manfaatkanlah semester-semester awal untuk memperoleh IPK yang setinggi mungkin
Point ke-8 ini juga penting loh…ada yang bilang kalau semester awal akan menentukan semester-semester selanjutnya, kalau semester awal IPK kita sudah tertinggal atau kecil, kita akan sulit mengejar pada semester-semerter berikutnya.
Nah….itu delapan kiat sukses untuk mahasiswa baru….. dipraktekin ya……Good Luck ya buat mahasiswa baru. Semanggggggggaaaat………….!!!

Comments