The Gamer

Sinopsis
Di masa yang akan datang, mengendalikan pikiran orang lain bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Bahkan kemampuan mengendalikan pikiran ini bisa mendatangkan uang dalam jumlah besar. Mereka mengendalikan pikiran manusia untuk membuatnya menjadi karakter dalam game yang bisa dimainkan sesuka hati.
GAMER
Ken Castle (Michael C. Hall), pengusaha kaya yang memiliki teknologi mengendalikan pikiran ini, memanfaatkannya untuk membuat game online dengan karakter yang sebenarnya adalah manusia. Game yang diberi nama Slayers ini mendatangkan banyak uang buat Castle namun menyengsarakan para 'budak' yang dijadikan karakter dalam game ini termasuk Kable (Gerard Butler).
Karakter Kable dikendalikan oleh Simon (Logan Lerman) yang berhasil membuat tokoh ini selalu menang dalam setiap game. Setiap minggu Kable harus bertahan hidup agar ia bisa menyelesaikan seluruh game dan terbebas dari perbudakan Castle. Di saat yang sama ada sekelompok orang yang ingin memanfaatkan Kable untuk meruntuhkan seluruh sistem yang dibangun Castle karena menurut mereka tindakan ini sudah tak manusiawi lagi.
GAMER
Review
Entah berapa banyak sudah film yang mengangkat tema tentang masa depan. Tak bisa disalahkan karena sesuatu yang masih menjadi impian memang selalu menarik untuk dibicarakan. Dari sekian banyak film bertema masa depan, tak semuanya bisa dibilang sukses. Berbagai faktor pendukung akhirnya malah lebih menentukan ketimbang tema yang menarik tadi. Salah satu dari film masa depan yang gagal adalah GAMER ini.
Pertama, ide yang ditawarkan sudah bukan sesuatu yang baru. BLADE RUNNER yang muncul di tahun 1980-an juga mengangkat tema yang kurang lebih sama. DEATH RACE yang baru dibuatkan remake juga menawarkan kisah yang kurang lebih sama, jadi tak ada yang benar-benar fresh dari film ini. Sebenarnya kalau mau menggali lebih dalam, bisa jadi ada beberapa bagian yang bisa lebih diekspos namun sayangnya di sini semua itu malah cuma jadi subplot saja.
GAMER
Yang lebih parah, karakter yang disajikan terasa flat. Latar belakang tokoh Kable yang diperankan Gerard Butler terasa kurang digarap sehingga mau tak mau penonton merasa tak terlibat secara emosional dengan tokoh utama ini. Yang ada hanyalah serangkaian flash back yang tak terlalu efektif membentuk karakter Kable sendiri. Masalah yang sama juga terjadi pada kebanyakan karakter dalam film ini. Sayang memang karena pada dasarnya nama-nama yang dipasang di sini bukanlah orang-orang yang tak mampu berakting dengan baik.(kpl/roc)


  • Gerard Butler berperan sebagai Kable dalam film GAMER.
  • Amber Valletta dan Gerard Butler dalam salah satu adegan film GAMER.
  • Gerard Butler dan Michael C. Hall beradu akting dalam film GAMER.
  • Gerard Butler dan Logan Lerman dalam film GAMER.
  • Gerard Butler dan Chris \Ludacris\ Bridges beradu akting dalam film GAMER.
  • Saat dunia sudah dikuasai oleh teknologi, ada sekelompok orang yang mencoba mengembalikan peradaban seperti sebelumnya.
  • Ada yang berani membayar untuk bisa mengendalikan orang lain, ada juga yang bersedia dikendalikan dengan imbalan sejumlah uang.
  • Saat tak ada harapan bisa lolos, satu-satunya cara adalah dengan menggunakan sedikit kecerdikan.
  • Rela berkorban banyak demi sebuah kebebasan.
  • Ken Castle, pria jenius yang menciptakan permainan Slayer.
  • Hanya prajurit terbaik yang akan lolos dari medan pertempuran.
  • Sekelompok narapidana yang dijadikan permainan antara hidup dan mati demi kesenangan para penonton.
  • Kable harus berjuang mati-matian untuk bisa selamat dari medan pertempuran demi keinginannya untuk bebas.
  • Dengan tipu daya, Kable akhirnya bisa lolos dari jebakan.
  • Lawan yang harus dihadapi bukanlah lawan yang mudah dikalahkan.
  • Para gladiator dunia modern

Genre:Action
Release Date:September 4, 2009
Director:Neveldine/Taylor
Script:Neveldine/Taylor
Producer:Tom Rosenberg, Gary Lucchesi, Richard Wright, Skip Williamson
Distributor:Lionsgate
Duration:95 minutes
Budget:US$15 million
Official Site:www.gamerthemovie.com       

Comments