Thomas John Patrick Welling

Tom Welling
Thomas John Patrick Welling
Laki-Laki
New York, 26 April 1977


Biografi :

PERSONAL

Tom Welling, seorang mantan model, aktor, sutradara dan produser Amerika bernama asli Thomas John Patrick Welling. Tom lahir di New York pada 26 April 1977. Keluarganya sering berpindah, tercatat mereka pernah tinggal di Wisconsin, Delaware, dan Michigan. Tom adalah anak sulung dari empat bersaudara. Salah seorang adiknya, Mark Welling, juga berprofesi sebagai aktor.

Ketika Tom bersekolah di Okemos High School di Michigan, dirinya mulai menggeluti seni peran, namun sempat beralih ke olahraga. Banyak cabang olahraga yang digelutinya, termasuk baseball dan sepakbola, namun olahraga favoritnya adalah basket.

Tom menikah dengan seorang model yang bernama Jamie White pada 2002. Pernikahan mereka dilakukan di Martha's Vineyard dan kini mereka tinggak di Vancouver, British Columbia, Canada. Tom sendiri tidak menyukai pemberitaan media tentang kehidupan pribadinya.

KARIR

Sebelum bergelut di dunia entertain, Tom pernah bekerja sebagai pekerja konstruksi. Pada 1998, seorang pegawai di bidang model menemukannya, dan menyarankannya untuk menjadi model.

Sampai tahun 2000, Tom bekerja sebagai model untuk Louisa Modeling Agency. Setelahnya, Tom menjadi model begitu banyak merk terkenal, termasuk Tommy Hilfiger, Abercrombie & Fitch, juga Calvin Klein.

Setelahnya, Tom memutuskan untuk berkarir di bidang akting karena dia merasa bahwa bekerja sebagai model sangat 'palsu'. Beberapa film pertama yang dimainkannya adalah serial TV JUDGING AMY, SPECIAL UNIT 2, dan UNDECLARED.

Peran yang membawanya ke puncak ketenaran adalah Clark Kent dalam serial TV SMALLVILLE. Tom berhasil mendapatkan peran ini setelah mengikuti audisi yang diadakan di seantero negeri. Dia sendiri mengaku pernah menolak peran ini dua kali, namun ketika dia membaca naskah yang benar-benar berbeda dari Superman, peran ini akhirnya diterimanya.

Serial TV ini sangat tenar, dengan 8,4 juta pemirsa yang tercatat. Oleh karena ketenaran SMALLVILLE dan kecemerlangan penampilan Tom, dia termasuk dalam jajaran 'Breakthrough Stars of 2001' dalam majalah People. Tom juga memenangkan Choice Breakout Male pada Teen Choice Award 2002. Dan pada 2009, sekali lagi Tom memenangkan penghargaan dalam Teen Choice Award sebagai Choice TV Actor (Action Adventure).

Bukan hanya sebagai aktor, Tom juga menekuni peran sebagai sutradara, dengan debut yang dimulai pada 2006. Dia menyutradarai salah satu episode di musim kelima SMALLVILLE, yang berjudul Fragile. Karya-karya lain Tom sebagai sutradara adalah enam episode HYDRO, APOCALYPSE, salah satu episode dalam INJUSTICE, dan bagian kedua musim kesembilan ABSOLUTE JUSTICE.

Selain pada serial TV, Tom juga bermain dalam film CHEAPER BY THE DOZEN dan sekuelnya CHEAPER BY THE DOZEN 2 sebagai Charlie Baker, anak kedua dan anak laki-laki pertama dalam keluarga Baker yang memiliki 12 anak.

Untuk musim ke-9 SMALLVILLE, Tom berperan sebagai co-executive producer. Pada 2010, dia dijadwalkan akan kembali menjadi Clark Kent dan menjadi eksekutif produser sepenuhnya. Tom juga menjadi executive producer untuk seri televisi baru yang berjudul HELLCATS.

FILMOGRAFI

Film
2003: Cheaper by the Dozen
2005: Cheaper by the Dozen 2, The Fog

Seri TV:
2001: Undeclared, Special Unit 2, Judging Amy
2001-sekarang: Smallville
2010: Hellcats (sebagai produser)

Comments