'TANGLED' Geser 'HARRY POTTER 7' Posisi Box Office


Seorang putri Disney telah menggeser si remaja penyihir dalam pergolakan teranyar untuk menguasai box office akhir pekan, dan menutup penghasilan terbanyak tiga hari akhir pekan, US$21,5 juta.

Kisah paling akhir Rapunzel TANGLED telah mengumpulkan sebanyak US$96,5 juta dalam 12 hari, kebanyakan dari rumah pertunjukan 3-D di Amerika Serikat dan Kanada, demikian keterangan box office Amerika Utara.

Film tersebut diperkirakan akan melampaui pemasukan THE PRINCESS AND THE FROG, film terakhir yang diluncurkan Disney saat Thanksgiving --yang mengakhiri masa tayangnya dengan penghasilan US$104,4 juta dari hasil penjualan tiket.

Seperti kejadian pasca Thanksgiving pada masa lalu, box office Amerika Utara tahun ini juga menyaksikan penurunan penonton, yang mengakibatkan tergesernya HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS PART 1.

Film ketujuh dari franchise HARRY POTTER tersebut telah mengantungi US$16,7 juta pada akhir pekan lalu, penurunan dramatis sebesar 66% selama masa sebelumnya, dan menduduki posisi ke-2.

Kolaborasi terakhir bintang peraih Oscar, Denzel Washington, dan sutradara Tony Scott, film produksi Fox UNSTOPPABLE berada di urutan ke-3, dengan penghasilan US$6,1 juta pada akhir pekan lalu, dengan masa tayang empat-pekan sebanyak US$68,9 juta.

THE WARRIOR`S WAY, film seni beladiri modern yang dibintangi aktor Korea, Dong-gun Jang --yang memerankan seorang pembunuh Asia yang dipaksa bersembunyi di satu kota kecil di daerah tandus Badlands, Amerika-- adalah satu-satunya film yang diluncurkan di seluruh negeri itu pada masa setelah Thanksgiving. Saat itu, Hollywood biasanya menahan peluncuran film baru.

Selandia Baru meluncurkan film tersebut di sebanyak 1.622 gedung bioskop. Film itu diproduksi oleh Barrie Osborne, yang juga memproduksi LORD OF THE RINGS.

Film drama balet Fox BLACK SWAN dibuka hanya di 18 bioskop, tapi mengumpulkan rata-rata US$77.459 di masing-masing tempat, dengan penghasilan total pembukaan akhir pekan US$1,4 juta.

Di posisi keempat BURLESQUE produksi Sony/Screen Gems, dengan penghasilan US$6,1 juta pada akhir pekan lalu, US$27 juta selama dua pekan. Disusul LOVE AND OTHER DRUGS, produksi Fox, dengan penghasilan US$5,7 juta pada akhir pekan lalu, US$22,6 juta dalam dua pekan.

Film produksi Paramount/Dreamworks, MEGAMIND meraih US$5 juta akhir pekan lalu, US$136,7 juta selama lima pekan. Disusul kemudian DUE DATE (Warner Bros), dengan pendapatan US$4,2 juta akhir pekan lalu, US$91 juta dalam lima pekan.

Film FASTER produksi CBS Films, meraih US$3,8 juta pada akhir pekan, dan US$18,1 juta selama dua pekan. Disusul di posisi kesembilan THE WARRIOR`S WAY, drama beladiri dari Relativity Media, yang dibuka dengan perolehan US$3 juta dalam penjualan tiket akhir pekan lalu.

Posisi bontot THE NEXT THREE DAYS, produksi Lionsgate, dengan penghasilan US$2,7 juta akhir pekan lalu, dan US$18,4 juta selama empat pekan.

Comments