'HARRY POTTER 7' Kantongi US$330 Juta


Remaja penyihir Inggris HARRY POTTER mengukir 'keajaiban' di box office akhir pekan saat babak teranyar HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS: PART ONE, membuat terpesona penonton di lebih dari 50 negara dan mengantongi US$330 juta dalam penjualan tiket global.

Perolehan itu meliputi debut terbaik yang pernah ada di AS dan Kanada, yakni sebesar US$125,1 juta. Enam film Harry Potter sebelumnya mengumpulkan US$5,4 miliar untuk Warner Bros, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Di Amerika Serikat dan Kanada, mengisi tempat teratas box office pekan sebelumnya, film komedi MEGAMIND, berada di urutan kedua tapi dengan pendapatan yang tertinggal jauh yaitu US$16,2 juta. Tapi film animasi itu masih mengalahkan cerita kereta pelarian UNSTOPPABLE dengan pemasukan US$13,1 juta.

Tapi mengingat ketenaran film-film Harry Potter, film lain diperkirakan takkan bisa bersaing melawan film No.1 tersebut.

Penghasilan US$125,1 juta untuk THE DEATHLY HALLOWS: PART ONE mengalahkan debut akhir pekan terbaik film Harry Potter sebelumnya di Amerika Serikat dan Kanada yang meraup US$102,7 juta untuk HARRY POTTER AND THE GOBLET OF FIRE pada November 2005.

THE DEATHLY HALLOWS: PART ONE menempati posisi ke-6 di jajaran box office debut akhir pekan terbaik sepanjang masa, di bawah IRON MAN 2 --yang pada awal tahun ini mengantungi US$128,1 juta.

Film itu, yang dilandasi atas babak terakhir serial buku laris karya J.K. Rowling, mengumpulkan lebih dari US$30.000 per bioskop di lebih dari 4.100 tempat saja di AS dan Kanada. Sebaliknya, MEGAMIND menghasilkan US$4.300 per lokasi di hampir 3.800 bioskop.

Bioskop layar raksasa IMAX mengumpulkan US$12,4 juta di Amerika Serikat dan Kanada buat film Harry Potter tersebut dan menghasilkan rekor baru IMAX. Film yang dipenuhi pertarungan sihir itu mengalahkan ALICE IN WONDERLAND dan debut IMAX-nya, US$12,1 juta, demikian laporan Hollywood.com Box-Office.

Film itu diputar di sebanyak 54 negara di luar Amerika Serikat. Di Inggris, film tersebut meraup 17,5 juta pound (US$28 juta), dan di Australia mengantungi 15 juta dolar Australia (US$14 juta).

Jerman menyumbang 16 juta euro (sekitar US$21,8 juta) buat debut film Harry Potter tersebut, sementara Jepang memberi 1,2 miliar yen dari penjualan tiket (US$14 juta), demikian keterangan Warner Bros.

Sebelum akhir pekan, Warner Bros menyatakan perusahaan itu memperkirakan film ini akan menembus angka US$100 juta di Amerika Serikat dan Kanada, sementara pengamat box office berspekulasi film tersebut bisa meraih sebanyak US$150 juta.

Tapi hanya dua film sebelumnya yang mampu menembus ambang atas itu. Film Batman, THE DARK KNIGHT, menghasilkan debut terbaik yang pernah ada dengan US$158 juta pada 2008. Dan di No.2 ada SIDER-MAN 3, yang memperoleh US$151 juta dalam debutnya 2007, demikian Hollywood.com Box-Office.

Comments