Artikel sains

Menguak Asal-Usul Lambang Bendera Bajak Laut !



Kita sering melihat di TV kapal bajak laut umumnya menggunakan bendera dengan gambar tengkorak sebagai lambang kebesarannya. Sebenarnya apa maksud dan arti dari lambang tersebut, bagaimana pula sejarahnya? Bila dilihat dari sejarah pengibaran bendera ini, ada berbagai macam tujuan dan maksud bila sebuah kapal mengibarkan bendera tengkorak. Jolly Roger, demikian nama bendera tersebut. Ada berbagai macam cerita mengenai asal muasal nama itu sendiri. Mungkin nama tersebut adalah plesetan lidah orang Inggris saat mendengar orang Perancis berbicara “Jollie Rouge” (Si Merah yang Cantik). Dulu gambar tengkorak dilukis pada bendera berwarna merah. Bendera ini juga digunakan para ksatria templar pada abad 13-14 untuk menandai kapal-kapal milik para ksatria templar. Hal ini karena para ksatria Templar percaya, bahwa kebangkitan jiwa mereka untuk tetap ikut bertempur akan dapat terus abadi dengan diwakili tengkorak dan dua ruas tulang lengan mereka. Ada yang berpendapat, mungkin nama jolly roger diambil dari raja Sisilia yang pertama kali mengibarkan bendera tersebut untuk armada kapal templar pada tahun 1127, yaitu King Roger II. Pendapat lain, nama tersebut diambil dari plesetan lidah orang Inggris untuk menyebut “Ali Raja”, seorang bajak laut asal Tamil.

Terungkap Penyebab Sebenarnya Titanic Tenggelam !



SELAMA ini penyebab Titanic tenggelam dinilai karena kru mengemudi terlalu cepat dan tidak melihat gunung es. Sayangnya, hal ini salah. Berdasarkan informasi terbaru, kru kapal termegah saat itu itu telah melihat gunung es, namun tetap berlayar lurus karena kesalahan dasar mengemudi.

Ditemukan Sepatu Kulit Tertua di Dunia !



SEKITAR 5.500 tahun lalu seseorang di pegunungan Armenia telah mengenakan alas kaki yang sekarang menjadi sepatu kulit tertua yang pernah ditemukan di muka bumi. Alas kaki yang terawat dengan baik itu terbuat dari satu bagian kulit, yang terikat tali depan dan belakang, menurut peneliti yang melaporkan di jurnal Perpustakaan Umum Sains PLoS One. Sepatu untuk kaki kanan itu ditemukan di sebuah gua itu bersama dengan bukti pendudukan manusia lainnya. Sepatu itu penuh dengan rumput, yang berasal dari masa yang sama dengan kulit sepatu-antara 5.637 dan 5.387 tahun yang lalu.

Sejarah Mie Instant dan Penemunya !



BARANG kali kita pantas berterima kasih kepada Mamofuku Ando, orang Jepang kelahiran Taiwan 1911. Berkat kerja keras dan jerih payahnya kita sekarang bisa menikmati kelezatan mie instan. Makanan cepat saji dengan banyak penggemar, yang masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun 1960-an.

Ditemukan Harta Karun Peninggalan Nabi !

Artefak Nabi

HARTA karun di perairan Cirebon disebut milik Dinasti Fatimiyah keturunan Nabi Muhammad. Tapi ahli sejarah menilai benda yang mempunyai ciri dinasti itu belum tentu milik keturunan langsung nabi. PT Paradigma Putra Sejahtera yang menemukan harta karun di perairan Cirebon mengungkapkan penemuannya termasuk batu permata besar yang konon milik Dinasti Fatimiyah. Dinasti itu disebut-sebut dari keluarga Nabi Muhammad yang hijrah ke Mesir.

Terpecahkan Asal Muasal Air di Bumi !

Asal mula air

AIR es dan materi organik untuk pertama kalinya ditemukan di permukaan asteroid. Penemuan itu mengungkap misteri munculnya air di bumi. Ilmuwan menemukan bukti dari lapisan tipis es yang menutupi 24 Themis, salah satu dari ratusan bebatuan ruang angkasa di sabuk asteroid antara Mars dan Jupiter. Obyek sebesar 125 mil itu adalah salah satu asteroid terbesar di sabuk yang dikenal sebagai Main Belt. Astronom menggunakan Fasilitas Teleskop Infra Merah NASA di Hawaii untuk menganalisis sinar matahari yang terefleksi di bebatuan. Mereka menemukan pertanda yang konsisten dengan air beku tersebut,sebagai material organik.

Ditemukan Mummi Berhias Perhiasan di Oasis Mesir !

Mummi Oasis

ARKEOLOG mesir melakukan penggalian di Oasis Bahariya dan menemukan 14 kuburan dari abad ketiga SM, termasuk satu mummi wanita berhias perhiasan. Makam Yunani-Romawi di Bahariya Oasis 300 km barat daya Kairo itu ditemukan dalam penggalian yang mengindikasikan bahwa mereka mungkin menjadi bagian dari pekuburan yang jauh lebih besar, Menteri Kebudayaan Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan. Mummi wanita dengan tinggi 38 inci ditemukan di interior tangga dari salah satu makam batu yang dipahat dan dihiasi dengan perhiasan.

Peneliti Temukan Otak Manusia Makin Menciut !

Otak Menciut

ILMUWAN yang menyusun ulang tengkorak yang ditemukan di Prancis berusia 28.000 tahun, mendapatkan hasil yang mengejutkan, otak kita semakin menyusut. Tim Prancis yang mengklaim sukses menghasilkan salah satu replika terbaik dari tempurung kepala manusia modern awal mendapati ukuran otaknya 20 persen lebih besar daripada otak kita.

Inililah Tsunami Paling Mematikan Dalam Sejarah !

Tsunami

DELAPAN ribu tahun lalu, sebuah gunung api menyebabkan salju longsor di Sisilia dan terjun bebas ke laut. Gelombang berkecepatan 200 mil per jam itu memicu tsunami penghancur yang menyebar di seluruh laut Mediterania. Tidak ada catatan sejarah mengenai kejadian tersebut. Yang ada hanya catatan geologis, tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa tsunami yang sempat terjadi tersebut lebih tinggi dari gedung tingkat 10.

Ilmuwan Temukan Kepala Kakek Firaun !

Kepala Firaun

SEBUAH granit merah kepala Amenhotep III, kakek Tutankhamun berusia 3000 tahun ditemukan di Luxor, Menteri Kebudayaan Mesir Farouk Hosni mengatakan. Patung yang dipoles dan menunjukkan "wajah muda," setinggi 2,5 meter itu milik patung Amenhotep III dalam posisi berdiri mengenakan mahkota putih Mesir dan memegang lambang kerajaan. Para ilmuwan melakukan tes DNA dan CT scan pada sejumlah mummi telah mengidentifikasi Amenhotep III sebagai kakek Tutakhamun, raja remaja yang lahir dari perkawinan sedarah antara Akhenaten dan saudara perempuannya, yang sama-sama keturunan Amenhotep III.

Terungkap Rahasia Junk Food Raja Firaun !

Firaun Castle

ILMUWAN menemukan bahwa makanan Firaun di Mesir kuno memberikan jaminan penguburan yang lebih awal, daripada keabadian hidup. Publikasi riset di Lancet menunjukkan bahwa jamuan lezat yang dihidangkan kepada dewa dan dimakan oleh pendeta Mesir dan keluarganya, termasuk yang dimakan Firaun mengandung bahan penggemuk tubuh yang menghambat aliran darah di arteri.

Sejarah dan Legenda Penemuan Payung !

Legenda Payung

PADA awal 3500 tahun yang lalu, keberadaan payung telah ditemukan di Tiongkok. Mengenai ditemukannya payung, ada banyak legenda-legenda rakyat yang menceritakannya, satu diantaranya paling tersebar luas adalah cerita “Luban Penemu Payung”. Luban adalah Bapak Pertukangan di Tiongkok. Menurut catatan“Kepingan Giok”, payung ditemukan oleh isteri Luban, yang sangat peduli dan perhatian kepada kerja keras suaminya. Seperti diceritakan, Setiap hari Luban dibawakan makanan oleh isterinya yang bernama Yun, dimana Yun sering kali terkena hujan deras ketika itu.

Ditemukan Dinding Raja Sulaiman di Yerusalem !

Dinding Raja

SEBUAH bagian dari dinding kota Yerusalem dari abad kesepuluh SM (antara 1000 SM dan 901 SM), ditemukan dalam penggalian arkeologi mungkin dibangun oleh Raja Sulaiman. Bagian dinding, sepanjang 70 meter dan tinggi 6 meter terletak di daerah yang dikenal sebagai Ophel, antara Kota Daud dan dinding selatan Gunung Bait Suci di Yerusalem. Jika usia dinding itu benar, maka penemuan itu akan menjadi indikasi bahwa Yerusalem adalah pusat pemerintah yang kuat dan memiliki sumber daya dan tenaga kerja yang diperlukan untuk membangun benteng besar pada abad ke-10 SM.

Mesir Ungkap Penyebab Kematian Firaun King Tut !

King Tut

PENYEBAB kematian King Tut yang mati remaja telah lama menjadi misteri, dengan peneliti mengajukan berbagai teori tentang bagaimana ia menemui ajalnya. Tapi sekarang para ilmuwan yang telah menganalisis DNA dari mumi kerajaan, berhasil membuat pohon keluarga dari penguasa itu dan percaya ia meninggal karena kombinasi malaria dan kelainan tulang.

Arkeolog Israel Temukan Pencetak Anggur Kuno !



ARKEOLOG Israel mengatakan telah menemukan bentuk pencetak anggur tidak wajar yang berumur 14 ribu tahun yang besar dan canggih untuk teknologi di zaman itu. Alat pencetak berbentuk oktagonal atau persegi delapan yang berukuran 21 kaki x 54 kaki (6,5 m x 16,5 m) dan ditemukan di selatan Israel, sekitar 40 km selatan Yerusalem dan Tel Aviv.
“Apa yang kami lihat di sini adalah sebuah area kerajinan dan industri dari abad keenam hingga tujuh, di mana situasinya dalam wilayah pertanian pertengahan,”ujar Direktur Otoritas Ekskavasi Israel Uzi Ad.

" Sejarah Hari Valentine "

Photobucket

HARI Valentine atau Valentine's Day pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Beberapa pembaca mungkin ingin membaca entri Valentinius pula. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhir Abad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan.

Asal Mula Ditemukannya Layang-Layang !

Butterfly Kite

KONON layang-layang ditemukan pada abad 5 SM oleh ilmuan Yunani dari Tarentum. Namun masyarakat Asia, khususnya Korea, Cina, Jepang, dan Melayu sudah akrab dengan layang-layang jauh sebelumnya. Maka ada dugaan lain, layang-layang berasal dari Cina masa 3000 tahun lalu. Pada masa pemerintahan Dinasti Han (200 SM-200 M), militer Cina menempelkan potongan batang bambu pada layang-layang mereka.Saat "pasukan" layang-layang melintasi pasukan musuh, angin yang menerobos rongga bambu mengeluarkan bunyi siulan. Barangkali karena jumlahnya banyak, siulannya menjadi gemuruh. Cukup untuk membuat musuh panik dan lintang pukang melarikan diri.

Ditemukan Koin Perak Berumur 211 SM !

Koin Perak

PADA saat penggalian tempat bersejarah di Leicestershire, desa Hallaton, Leicester, Inggris para arkeolog dan ilmuwan menemukan koin perak yang berasal dari masa 211 SM.

Ternyata Manusia Purba Bisa Amputasi !

Amputasi Purba

KEMAJUAN medis manusia zaman batu disinyalir sudah canggih. Bukti operasi yang terpendam 7 ribu tahun memberi bukti nenek moyang pada zaman batu sangat cerdas.

Terpecahkan Misteri Mummi Berumur 4.000 Tahun !

Mummi

ILMUWAN mempelajari mummi Mesir berusia 4.000 tahun untuk membuka rahasia dunia kuno. Mummi yang dikenal sebagai Pa-pon itu sangat tidak biasa. Relik yang biasanya disimpan di Barnum Museum di Connecticut itu dipindah ke Quinnipiac University dalam prosesi yang tidak biasa. Mummi itu akan dipelajari dengan menggunakan scanner rumah sakit berteknologi tinggi milik institusi itu.

Tes itu untuk menjawab pertanyaan apakah paket misterius dalam tubuhnya, adalah mummi burung sebagai persembahan kepada Tuhan untuk membantu mengamankan tempat wanita itu di akhirat. Peneliti mungkin juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan wanita itu di muka bumi, termasuk usia dan apakah ia punya anak. Mummi, yang dikenal sebagai Pa- pon diyakini berasal dari sekitar 2.000 SM ada di Museum Barnum di Bridgeport, Connecticut sejak tahun 1890- an. Para ilmuwan akan menggunakan scanner Toshiba 64- slice CT yang biasanya digunakan untuk mendiagnosa penyakit pasien yang masih hidup. Scanner yang memiliki resolusi delapan kali lebih baik daripada yang digunakan pada mummi yang sama tahun 2006 , tes menunjukkan adanya beberapa paket di dalam rongga perut. Seorang arkeolog berspekulasi salah satu bundel ini bisa jadi adalah mummi burung, penemuan baru bagi peneliti Mesir Kuno. Panggul juga menunjukkan beberapa bukti bahwa wanita itu telah melahirkan. Scan terbaru bisa menghasilkan penemuan yang dapat memahami ritual kuno. "Ini benar-benar akan memberi kita pandangan yang fantastis," kata Profesor Ronald Beckett, co-direktur Research Institute di Bioanthropology Quinnipiac. "Setiap mummi memiliki kisah untuk diceritakan. Setiap informasi menambah pemahaman kita tentang Mesir kuno". Lorelei Corcoran, direktur Institut Seni dan Arkeologi Mesir di University of Memphis menyebut mummi itu 'sangat tidak biasa'.[ito]

Comments